Sumur Bor Sleman Kedalaman Ideal

sumur bor sleman kedalaman ideal
sumur bor sleman kedalaman ideal

Sumur bor Sleman ditinjau dari letak geografis akan menentukan sumber mata air yang mempengaruhi perbedaan kedalaman sumur bor dan juga tingkat kejernihan air.

Pada dataran rendah sekitar 6 sampai 10 meter sumur bor Sleman memiliki tingkat kejernihan air yang sedang. Karena pada kedalaman tersebut akan memperoleh unsur air resapan dari lingkungan sekitar.

Sumur bor Sleman yang dibuat pada wilayah yang rawan banjir akan mendapatkan ketersediaan air yang cukup melimpah, tetapi pada daerah tersebut memiliki kandungan air yang kurang baik untuk dikonsumsi.

Lain halnya pada dataran tinggi, kita akan kesulitan untuk menemukan sumber air tanah pada daerah tersebut. Sumur bor sleman butuh 30 meter lebih untuk mendapatkan sumber air tanah, namun pada daerah tersebut memiliki kandungan air yang lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan kandungan air pada dataran rendah.

Membuat sumur bor Sleman untuk mendapatkan air yang berkualitas baik

Bagaimana cara untuk mendapatkan sumber air yang baik dan layak untuk dikonsumsi? Untuk mendapatkannya pada dataran rendah maupun dataran tingggi perlu memperhatikan teknis pengeboran sumur yang benar.

Oleh karena itu seorang ahli sumur bor Sleman harus mengerti struktur lapisan tanah pada tiap daerah guna mendapatkan kedalaman sumur bor yang ideal dan sumber mata air yang berkualitas dan layak konsumsi.

Menentukan sumber air yang baik dan berkualitas pada dataran rendah

Pada daerah tersebut kita bisa memperoleh sumber air yang bervariasi dari hasil pengeboran. Kita bisa mencermati bahwa untuk mendapatkan sumber air yang baik dapat diketahui dengan mengamati karakter dari air tanah tersebut, apakah air masih bercampur lumpur atau tidak? Jika saat pengeboran air masih bercampur dengan lumpur maka kualitas air tanah masih kurang baik. Untuk mendapatkan sumber air yang baik dan layak konsumsi perlu untuk memperdalam lagi proses pengeboran hingga mencapai lapisan tanah yang berpasir dan bercadas atau berbatu.

Sumber air sumur bor juga berkemungkinan tercemar karena wilayah sekitar. Air resapan limbah rumah tangga juga mempengaruhi sumur bor menjadi tercemar. Oleh karena itu perlu memperhatikan teknis cara membuat sumur bor Sleman yang baik dan benar. Solusi agar mengurangi resiko air sumur tercemar adalah dengan cara memasang casing pipa, dengan demikian air limbah rumah tangga maupun air yang bercampur dengan material lumpur dari resapan sekitar tidak akan masuk dalam sumur bor.

Menentukan sumber air yang baik dan berkualitas pada dataran tinggi

Cara pembuatan sumur bor pada dataran tinggi memiliki tingkat kesulitan dan membutuhkan tenaga ekstra dan bahkan bisa mengeluarkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan pembuatan sumur bor pada dataran rendah.  Mengapa bisa demikian? Karena pada dataran tinggi memiliki struktur tanah yang berbatu dan membutuhkan kedalaman sumur mencapai 30 meter lebih untuk mendapatkan sumber air dalam tanah. Kandungan air pada daerah dataran tinggi memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan kandungan air pada dataran rendah.

Pada dataran tinggi risiko pencemaran sangatlah rendah sekali, maka memakai pipa casing sudah tak lagi menjadi hal yang penting lagi. Tapi alangkah baiknya memasang pipa casing guna untuk mengatasi risiko tanah longsor pada lubang sumur bor.

Tingkat kedalaman sumur bor dan melimpahnya air tidak bisa digunakan menjadi acuan kualitas air yang layak dikonsumsi maupun tidak. Pastinya apabila mencapai lapisan tanah yang bercadas atau berbatu menurut pengalaman pada tekstur tanah tersebut adalah bagian dari air tanah yang bisa diharapkan

0 Response to "Sumur Bor Sleman Kedalaman Ideal"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai dengan artikel di atas