Cara Mengatasi Pompa Air Tidak Bisa Menyedot

Cara mengatasi pompa air tidak bisa menyedot


Semua jenis mesin khususnya pompa air mempunyai umur pakainya, namun seberapa awet dan tidaknya suatu mesin pompa air bisa  dipengaruhi beberapa part dari mesin itu sendiri, seperti kerusakan pada seal klep, spul, capasitor, dan lain sebaginya.

Ada banyak trik khusus untuk Cara Mengatasi Pompa Air Tidak Bisa Menyedot. Untuk mengembalikan mesin yang rusak menjadi normal kembali, anda bisa memperbaiki pada komponen yang bermasalah atau mengganti dengan yang baru.

Jasa service pompa air dan instalasi pipa hubungi customer service kami telp/WA 0851-0319-9492 area Kota Jogjakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon progo

Penyebab pompa air tidak bisa menyedot

Jika mesin pompa air nyala dan berputar dengan normal, tetapi air tidak bisa keluar, itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti di bawah ini

SEAL atau klep bocor

seal pompa air
SEAL
Seal atau klep pada pompa air berfungsi untuk mencegah kebocoran pada as. Bila seal dalam keadaan bagus maka air tidak akan merembes keluar meskipun angker atau rotor berputar.

Cara memperbaiki kebocoran pada seal atau klep bisa diakali dengan mengecilkan dimeter pada cincin per,  tujuannya agar kekuatan menjepitnya bertambah kuat. Tetapi jika masih mengalami kebocoran terpaksa harus mengganti dengan yang baru.

Spul atau kawat lilitan melemah

Umur pompa air yang sudah lama digunakan akan mempengaruhi kerusakan pada part-part tertentu. Biasanya pompa air yang sudah usang menimbulkan suara yang bising yang disebabkan oleh laker atau bearing. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa spul atau kawat lilitan juga akan melemah.

Spul atau kawat lilitan lemah akan mengakibatkan melambatnya putaran pada rotor angker. Kecepatan yang berkurang otomatis daya hisap juga akan berkurang bahkan tidak bisa menyedot sama sekali

Ciri-cirinya adalah dengan merasakan angin yang ditimbulkan pada kipas pendingin pada mesin pompa air. Bila angin yang dihasilkan cukup kencang maka kecepatan putaran masih bagus. Begitu sebaliknya, jika angin yang dihasilkan lemah bisa dipastikan spul atau kawat lilitan juga lemah.

Jalan satu-satunya adalah dengan cara menggulung ulang dengan jumlah gulungan dan diameter seperti setelan pabrik.

Untuk mengakalinya biasanya para ahli sumur dan tukang service pompa air menggunakan cara ini. Yaitu dengan menaruh pompa air ke dalam sumur. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan pada jenis sumur gali / sumur tradisional atau sumur suntik. Tujuannya agar memperpendek jarak hisap supaya menyedotan lebih optimal.

Kebocoran pada pipa hisap

Ada 2 kemungkinan kebocoran pada pipa hisap yaitu:


  • Kebocoran pada sambungan, dan
  • Kebocoran pada foot valve (tusen klep)


Kebocoran pada pipa menjadi faktor penyebab air tidak bisa diangkat. Untuk masalah kebocoran pada pipa biasanya terjadi pada sambungan, pastikan sambungan pada pipa benar benar rapat.
Fungsi dari foot valve (tusen klep) pada pipa hisap pompa air adalah untuk menahan air pada pipa agar tidak kembali turun.
foot valve tusen klep pompa air sumur bor
foot valve

Kebocoran pada tusen klep dapat menyebabkan ruang pada impeller menjadi kosong, akibatnya perlu adanya pengisian air secara manual (dipancing) ketika hendak memompa air ke dalam tandon/toren.

Cara mengecek kebocoran pada tusen klep cukup mudah, anda cukup mengamati air pada pipa apakah berkurang atau tidak. Jika air tidak berkurang maka kondisi foot valve masih dalam keadaan normal. Tapi sebaliknya  jika keadaan air berkurang perlahan maka kondisi foot valve bermasalah. Anda harus mengangkatnya dari sumur dan menggantinya dengan yang normal (baru)

Daya hisap melewati batas maksimal

Anda juga harus mencermati spesifikasi dari mesin pompa air. Daya hisap pompa air berbeda-beda tergantung dari jenis mesin pompa air

Jenis dan spesifikasi pompa air


  • Pompa air sumur dangkal daya hisap yang dioptimalkan 9 meter
  • Pompa air semi jetpump daya hisap yang dioptimalkan 11 meter
  • Pompa air jetpump sumur bor dalam daya hisap yang dioptimalkan 30 – 40 meter
  • Pompa air celup submersible daya hisap yang dioptimalkan 50 meter

Air sumur surut


Orang awam biasanya tidak mengetahui akan hal ini. Orang akan berasumsi bahwa pompa air yang tidak bisa menyedot itu gara-gara pada pada bagian pompa air atau pada instalasi pipa hisap yang bermasalah.

Banyak kasus yang dapat diambil contohnya. Kami selaku ahli sumur banyak mengalami customer yang menggunakan jasa kami untuk mengservice pompa air yang tidak bisa menyedot. Namun setelah kami lakukan pengecekan, ternyata yang sebenarnya terjadi di lapangan adalah dimana kondisi air sumur mengalami kekeringan atau surut.

Jadi timbul ekspektasi bahwa pompa air yang tidak menyedot itu telah terjadi kerusakan pada mesin pompa air itu sendiri. Kasus tersebut biasanya terjadi pada sumur yang dangkal yaitu pada sumur tradisioal atau sumur bor pada kedalaman  5 -19 meter tergantung setiap daerah dan kondisi air dalam tanah.

Cara menyelesaikan masalah adalah dengan cara menyuntik atau memperdalam sumur untuk mendapatkan sumber air yang melimpah.