Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total


Kali ini kami ahli sumur Jogjakarta akan membantu anda jika pompa air di rumah anda rusak atau mati total. Pompa air yang mati menyebabkan suplai air bersih akan terhambat, akibatnya kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, atau memasak menjadi terganggu.

Dari masalah tersebut kami akan memberi tips mengatasi pompa air yang mengalami kerusakan. Dan jika anda ingin menggunakan jasa kami cara memperbaiki pompa air mati total silahkan hub customer service kami telp /WA 0851-0319-9492

Penyebab pompa air mati total

1. Tidak ada aliran listrik ke beban atau terputusnya pada kabel, saklar, dan steker

Jangan terburu-buru membongkar sebuah mesin pompa airyang mati karena bisa jadi pokok permasalahannya ada pada kabel, saklar ataupun steker.

Hal yang pertama kali perlu diperhatikan ketika mesin pompa air tidak bisa dinyalakan adalah mengecek pada kabel penghubung antara sumber tegangan dengan beban.

Penyebab aliran listrik terputus

  • Steker dan Stop kontak terbakar atau korosi pada konduktor
  • Kabel terbakar
  • Kabel dimakan tikus
  • Sambungan kabel mengerak

2. Spul atau kawat lilitan terbakar

Penyebab spul terbakar antara lain:

Spul atau kawat lilitan tergenang air saat pompa air dalam keaadan nyala

Usahakan pompa air ditempatkan pada tempat yang teduh agar terhindar dari hujan. Hindari kebocoran pada output atau pipa pendorong yang akan menyebabkan tetesan air ke bodi yang menyebabkan cepat korosi dan parahny ajika air masuk dalam motor pompa air akan menyebabkan konsleting listrik yang mempengaruhi dynamo motor mudah terbakar.

3. Rotor/angker dalam keadaan stuck. 

Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total
Ada 5 penyebab angker bisa stuck

Mesin pompa air tidak beroperasi dalam waktu yang lama

Bila pompa air dalam waktu yang lama tidak digunakan maka akan menyebabkan seal  akan mengalami kerekatan dan susuah untuk digerakan

Tips bila anda hendak menggunakan pompa air yang sudah lama tidak beroperasi, putar dulu angker dengan menggunakan obeng pada bagian kipas pendingin mesin untuk menghindari stuck pada rotor angker.

Posisi angker tidak presisi

Pemasangan bodi motor yang tidak presisi akan menyebabkan rotor atau angker susah bergerak dan juga pada ball bearing yang sudah rusak atau aus akan menyebabkan putaran pada angker motor menjadi tidak konstan. Akibat daripada itu akan timbul gesekan antara rotor dengan stator yang memicu mesin pompa air mudah sekali mengalami kerusakan pada mekanisme mesin. Pastikan pada saat mengembalikan setelah dibongkar harus dalam keadaan presisi.

Sebaiknya ball bearing yang aus harus cepat diganti. Ciri-ciri ball bearing aus adalah ditandai dengan suara berisik.

Jika terjadi peristiwa tersebut yang harus dilakukan adalah dengan memastikan bahwa bodi mesin dengan tutup bodi harus benar-benar klop. Dan pastikan juga putaran rotor benar-benar lancar jangan ada gesekan dengan stator.

Hindari posisi angker stuk saat ada aliran listrik, itu akan menyebabkan kumparan terbakar.

Capasitor lemah

Lemahnya capasitor di sini tidak menimbulkan spul terbakar. Akan tetapi menjadi terbakar ketika pada saat angker dalam keaadaan tidak segera diputar secara manual
Jangan biarkan angker stuk terlalau lama yang mana hal tersebut akan mengakibatkan kebakaran pada stator atau kumparan pada mesin.

Capasitor yang lemah juga akan mempengaruhi mesin pompa air tidak bisa menyedot. Baca juga

Cara Mengatasi Pompa Air Tidak Bisa Menyedot


Cara mengetes kapasitor yang sudah lemah adalah dengan cara menghubungkan kedua kabel pada capasitor dengan phasa dan netral pada suatu tegangan listrik. Kemudian lepaskan dari sumber tagangan dan langsung hubungkan kedua kabel pada capasitor. Lalu apa yang terjadi? Apakah akan terjadi percikan atau tidak sama sekali? Jika percikan yang dihasilkan besar maka kapasitor masih normal dan beguti sebaliknya, jika terjadi percikan kecil atau tidak terjadi percikan sama sekali, yang sebenarnya terjadi adalah capasitor sudah lemah atau rusak.

Ditempati serangga

Mesin pompa air yang sudah lama tidak beroperasi berpeluang akan menjadi tempat singgah hewan khususnya serangga seperti semut dan lebah atau tawon. Yang mana angker akan terjebak dan menglami kesulitan bergerak.

Korosi (berkarat) pada rumah impeller dan bearing

Pada rumah impeller yang korosi akan mengalami kerekatan terhadap as pada angker yang mana akan menyebabkan sulit bergerak. Dan masalah tersebut juga terjadi pada bearing yang mengalami korosi (berkarat).

4. Kerusakan pada thermal protector

Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total
thermal protector
Pemakaian pompa air terlalu dipaksakan dalam keadaan nyala berjam-jam akan memicu panas yang berlebih, yang mengakibatkan terjadinya spul terbakar jika tidak dilengkapi dengan thermal protector.

Thermal protector adalah saklar otomatis yang berfungsi  memutus aliran listrik secara otomatis pada saat kumparan dynamo dalam keadaan panas. Prinsipnya pompa air yang dinyalakan terus menerus akan menyebabkan suhu yang meningkat sehingga pada suhu yang tinggi thermal protector akan memutus dengan sendirinya untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kumparan dynamo motor.

Thermal protector terdapat di dalam lilitan spul. Karena berada dalam lilitan spul cara membongkarnya harus berhanti hati supaya spul tidak mengalami luka atau terputus.

Test hambatan pada thermal protector apakah ada hambatan atau tidak. Apabila jambatannya besar atau alat pengukur tidak bereaksi bisa dipastikan bahwa thermal protector mengalami kerusakan
Spul atau kumparan terputus.

Sama halnya dengan thermal protector. Sebenarnya permasalahan tersebut merupakan hal sepele tapi menjadi serius jika kawat yang terputus tidak ditemukan dan harus digulung ulang.

Cara mengetahui bagian kawat yang terputus adalah dengan menggunakan ohm meter (alat pengukur hambatan)dari in kumparan utama dan out kumparan utama dan lakukan sama pada kumparan bantu.

5. Kerusakan pada rotor/angker

Kerusakan pada rotor/angker sangat jarang terjadi, namun kemungkinan bisa saja terjadi mengalami kerusakan.

Cara mengetahui kerusakan pada angker adalah pada bagian paling akhir setelah pengecekan. Jika sudah dipastikan semua beres maka masih terdengar dengungan pada mesin pompa air, bisa jadi angker mengalami kerusakan. Kerusakan pada angker harus diganti dengan tipe dan merk yang sama.

0 Response to "Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai dengan artikel di atas